Jumat, 13 Februari 2009

PROFIL SMP NEGERI 1 PANCALANG


Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Pancalang
Alamat : Jalan Raya Pancalang, Kec. Pancalang Kab. Kuningan
Telp : (0231) 3389267
NSS : 201021522027
NPSN : 20212030

I. VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
1. Visi Sekolah :” Menuju Institusi SMP ( Etika, Estetika, Logika, dan Praktika) yang Religi dan berprestasi”
Indikator :
  1. Warga sekolah memiliki semangat berprestasi dan pembaharuan sesuai dengan karakteristik manajemen berbasis sekolah ( MBS ).
  2. Perolehan nilai akademis dan prestasi non akademis siswa meningkat dari tahun ke tahun
  3. Kegiatan ekstrakurikuler terlaksana secara optimal.
  4. Guru dan Karyawan bekerja secara professional
  5. Lingkungan sekolah yang bersih dan indah.
  6. Warga sekolah berperilaku sesuai dengan nilai-nilai keimanan yang berlaku.
  7. Memelihara kerja sama dan kebersamaan
  8. Warga sekolah peduli terhadap lingkungan
  9. Menjunjung tinggi nilai-nilai budaya
  10. Berbudi pekerti luhur yang dilandasi ketakwaandan keimanan kepada Allah SWT,
  11. Kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap sekolah

2. Misi Sekolah
  1. Mengembangkan manajemen berbasis sekolah untuk memberdayakan sekolah secara optimal sehingga tercipta kondisi manajemen sekolah yang memiliki karakteristik kemandirian, keterbukaan, akuntabilitas, partisipasi stake holder, fleksibilitas, dan keberlanjutan.
  2. Meningkatkan kinerja warga sekolah melalui inovasi dan kreativitas dalam inpuit dan proses pembelajaran , serta memiliki komitmen , pemahaman dan kemampuan dalam melaksanakan tugas.
  3. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk pelaksanaan kegiatan belajar – mengajar.
  4. Warga sekolah menjunjung tinggi nilai – nilai agama sehingga nuansa agamis dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sesuai dengan nilai – nilai yang berlaku.
  5. Masyarakat mendukung sepenuhnya dengan program – program sekolah hal ini dibuktikan angka partisifasi orang tua dan pihak lain terhadap sekolah.
3. Tujuan Sekolah
Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Pada tahun 2013 :
  1. Terciptanya manajemen sekolah yang memiliki ciri-ciri Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), yaitu : kemandirian, keterbukaan, akuntabilitas, partisipasi stakeholder, fleksibilitas, dan berkelanjutan.
  2. Implementasi Kurikulum KTSP 2006 berjalan sesuai dengan target ditandai dengan tercapainya kompetensi dasar sekurang-kurang 88% siswa menguasai, dan prestasi non akademis dapat berprestasi di setiap even yang diikuti pada tingkat Kabupaten dan propinsi.
  3. Memiliki lingkungan sekolah yang kondusif untuk terwujudnya sekolah sebagai komunitas belajar yang aman , asri dan nyaman.
  4. Terwujudnya suatu lembaga ( sekolah ) yang menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia dengan melaksanakan nuansa sekolah yang berbudaya islami
  5. Memiliki guru-guru yang dapat menggunakan berbagai variasi pembelajaran, penilaian, dan media pembelajaran.
  6. Terwujudnya partisipasi masyarakat yang optimal ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam input dan proses.

1 komentar: